Keunggulan LCT televisi di bandingkan televisi tabung

KENGGULAN LCD TELEVISI
televisi berteknologi LCD mulai banyak digunakan sebagai pengganti layar berteknologi tabung (CRT).  Dibandingkan dengan tabung CRT, LCD memiliki bentuk yang lebih ringan dan ringkas, menghasilkan  disipasi panas yang lebih kecil, tidak mudah menimbulkan kelelahan pada mata terutama pada penggunaan untuk  jangka waktu lama serta lebih hemat dalam hal penggunaan energi.  Didalam laporan ini juga akan dibahas tentang studi perbandingan penggunaan energi antara  LCD  dan  CRT.  Televisi berteknologi LCD mulai banyak digunakan sebagai pengganti televisi berteknologi tabung (CRT).  Perkembangan teknologi LCD menyebabkan harga televisi berteknologi LCD makin turun, sehingga permintaan semakin meningkat. Makin banyak pengguna yang beralih ke televisi dengan teknologi LCD ini. Walaupun harganya masih diatas harga televisi berteknologi CRT, namun karena konsumsi daya yang lebih kecil menyebabkan biaya  operasional menjadi lebih kecil. Hal ini sangat mendukung isu tentang green envronment yang mulai dihembuskan di berbagai negara. Adanya penghematan konsumsi listrik berakibat pada pengurangan penggunaan bahan bakar minyak dan mengurangi polusi yang merusak atmosfir bumi  .

 Teknologi CRT dan LCD     
Chatode-ray tube (CRT) Chatode-ray tube atau disingkat CRT merupakan perangkat yang merubah sinyal listrik menjadi sinyal optical melalui proses penembakan electron (electron beam). CRT banyak dipakai sebagai peralatan televisi, osiloskop, radar sistem dan lain sebagainya.Sampai saat ini teknologi CRT masih banyak dipakai.Tabung CRT sendiri terdiri dari beberapa komponen dasar seperti : penembak elektron(electron gun), pemfokus jalur elektro (beam focusing), pengarah jalur sinar elektron(beam bending) dan sebuah layar yang dilapisi oleh phosphor (screen with a phosphor layer). Untuk memastikan agar energi dari elektron (electron beam) tidak berkurang karena tumbukan dengan partikel Cutaway rendering.
Liquid Crystal Display (LCD) Liquid Crystal Display atau LCD adalah teknologi display yang menggunakan  sifat isotropic dari suatu bahan material organic yang berbentuk liquid-crystal karena pengaruh medan listrik. Setiap pixel dari suatu LCD terdiri dari lapisan liquid-crystal yang diapit oleh 2 elektrode transparan (transparent electrodes) yang terbuat dari Indium Tin Oxide (ITO) dan 2 filter polarisasi (polarizing filter). Tanpa adanya liquid-crystal di lapisan tengah makan 2 filter polarisasi akan saling menghalangi masuknya cahaya sehingga tampak sebagai warna hitam. Dengan mengalirkan listrik melalui kedua elektrode transparan akan memberikan medan listrik pada liquid-crystal sehingga partikel didalamnya akan mem-polarisasi (memutar) gelombang cahaya yang masuk sehingga dapat  melalui filter polarisasi pada kedua lapisan sehingga cahaya dapat menembus filter dan tampak warna  yang ada dilapisan akhir LCD.Pada LCD berwarna setiap pixel (titik gambar) akan dibagi menjadi 3 subpixel yang diberi warna dasar merah, hijau dan biru oleh sebuah filter tambahan (pigment filters, dye filters and metal oxide filters) Setiap subpixel dapat diatur secara mandiri untuk menghasilkan ribuan kemungkinan warna untuk setiap pixel-nya.

Perbandingan Kelebihan dan Kekurangan LCD dan CRT :
1 Radiasi Radiasi cukup Besar dibandingkan LCD Radiasi yang dihasilkan cukup kecil
2 Kenyaman pada mata Membuat mata lelah Lebih nyaman dimata
3 Bentuk Bentuk cenderung besar dibandingkan LCD Flat dan relatif lebih kecil dari CRT
4 Dead Pixel Tidak mengalami Dead Pixel Dapat mengalami Dead Pixel
5 Video Resolutions Multiple Video Resolutionsn(Dapat bekerja pada beberapa resolusi)
    Only in Native Resolution (Hanya dapat bekerja  pada 1 macam resolusi)
6 Daya Konsumsi daya relatif besar Konsumsi daya kecil
7 Ketajaman Gambar CRT memiliki tingkat contrast dan ketajaman warna yang jauh diatas
   dibanding LCD memiliki tingkat contrast dan  ketajaman warna yang kurang dibanding
   gambar CRT .                                                            
8 Sudut Pandang Tidak terbatas, sudut pandang besar memiliki sudut penglihatan yang lebih
   kecil dibanding CR

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar